Membicarakan aib sendiri

Apakah ada orang yang membiracakan aibnya sendiri dan mengakui kesalahan tanpa ada maksud dan tujuan?
Silakan dijawab dalam benak masing-masing. Kerena pada tabiatnya manusia itu tidak ada yg mau disalahkan ataupun dicaci, walaupun sebenarnya dia sendiri mengakui bahwa dia mempunyai kesalahannya dan kekurangan.

Nah, pernah kan kita menemukan orang yang membicarakan aib nya sendiri?
Diceritakan bahwa ada seseorang yg sangat benci kepada temannya, sehingga dengan kebencian itu setiap dia  berjumpa dengan orang lain selalu yang dia bicarakan adalah kejelekan temannya yang dia benci, bukan hanya itu, tapi dia juga mulai mennghasud orang lain supaya orang lain menjauh dari orang yg dia benci tersebut.
Pendek cerita, lama kelamaan dia sendiri yang dijauhkan oleh teman-temannya,  kerena kebiasaannya yg membicarakan aib orang lain, banyak orang curiga jangan2 suatu saat aib dia juga yang menjadi korban gunjingannya.
Jika kita perhatikan ternyata orang yang membicarakan aib orang lain itu, sebenarnya dia sedang membicarakan aibnya sendiri. Sering kita jumpa, orang yang bilang orang lain sombong, ternyata dirinya yang sombong. Bilang orang lain dengki padahal dirinya yang dengki, dst
Semoga saja kita dijauhkan oleh Allah dari sifat-sifat yang tercela, apalagi sibuk mencari-cari kesalahan orang lain. Dan kita berharap semoga Allah menyibukkan kita untuk selalu mengingatNya. Aamiin

Wallau 'alam
Selasa siang 05 januari 2016

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Khutbah Jumat; Menepati Janji

Profil Singkat KH. Muhammad Bakhiet

SYAIR ABU NAWAS