Langsung ke konten utama

Postingan

Menampilkan postingan dari April, 2017

Biografi Singkat Said Aqil Siroj

SOSOK DIBALIK KEBESARAN PROF. DR. SAID AQIL SIROJ, MA.
Beliau yang tampak di foto adalah Romo KH. Aqil Siroj dan Ibu Nyai Hj Afifah Harun.
Kesuksesan Kiai Said tidaklah terbentuk dengan sendirinya, namun ternyata kesuksesan itu merupakan hasil tirakat dari kedua orang tuanya yang sudah disiapkan sejak dulu.
Dikisahkan, bahwa Nyai Afifah Harun disepertiga malamnya selalu bangun untuk menyiapkan air panas yang akan disajikan ketika Kiai Aqil Siroj Mandi dan Wudhu. Keta'dhiman yang dicontohkan Nyai Afifah Harun mungkin untuk sekarang sangatlah sulit dicari, karena beliau sebelum diperistri oleh Kiai Aqil Siroj adalah putri dari Kyainya sendiri, Romo KH Harun Abdul Jalil. Rupanya Nyai Afifah Harun tidak memperdulikan sekat-sekat yang ada diantara beliau dan suaminya sebagai santri dan ning, ketika beliau sudah menjadi seorang Istri maka hanyalah ketaatan yang harus diberikan kepada sang suaminya.
Admin pun ketika masih menimba ilmu di pesantrenya sangat sering sekali diperlakukan ole…

JANGAN BERHENTI BERDOA

Terjadi di Pakistan. Seorang Dr Ahli Bedah terkenal (Dr. Ishan) tergesa-gesa menuju airport. Beliau berencana akan menghadiri Seminar Dunia dalam bidang kedokteran, yang akan membahas penemuan terbesarnya di bidang kedokteran.
Setelah perjalanan pesawat sekitar 1 jam, tiba-tiba diumumkan bahwa pesawat mengalami gangguan dan harus mendarat di airport terdekat.

Beliau mendatangi ruangan penerangan dan berkata: Saya ini dokter special, tiap menit nyawa manusia bergantung ke saya, dan sekarang kalian meminta saya menunggu pesawat diperbaiki dalam 16 jam? Pegawai menjawab: Wahai dokter, jika anda terburu-buru anda bisa menyewa mobil, tujuanmanda tidak jauh lagi dari sini, kira-kira dengan mobil 3 jam tiba.
Dr. Ishan setuju dengan usul pegawai tersebut dan menyewa mobil. Baru berjalan 5 menit, tiba-tiba cuaca mendung, disusul dengan hujan besar disertai petir yang mengakibatkan jarak pandang sangat pendek.
Setelah berlalu hampir 2 jam, mereka tersadar mereka tersesat dan terasa kelelahan. …

Catatan Indah untuk mantan Gubernur AHOK

Dear pak Ahok.... 
Hok....??? Lu sehat....?? Semoga lu baik-baik saja. Setelah sekian lama bergelut dalam politik yg busuk ini. Gw salut dngn tensi darahmu yg stabil dan setegar senyummu.
Hok...?? Segerombolan umat yg mengklaim dirinya suci berbondong-bondong kejakarta hnya demi kamu. Hebat lu hok...?? Ekonomi penjahit baju gamis meningkat dan penjual baju koko laris manis. Penjual sorban dan sajadah ikutan panen. Bahkan pabrik kain berwarna putih juga ikut diuntungkan krna permintaan mengalir deras. Trmksh hok....???
Hok... ?? Utk menjatuhkanmu diperlukan biaya yg besar dan waktu yg panjang. Mereka harus menjadi ustadz dadakan. Yg berkaos harus berganti gamis, yg bercelana pendek diganti sarung dan yg bertopi diganti sorban. Yg masih hidup dipoles dan yg mati dibangkitkan.
Hok...?? Mereka harus berteriak kencang menjual ayat dan mayat. Seolah mereka pemilik kapling disurga. Biarlah mereka tertawa sejenak. Maklumi saja hok... bagai seorang pedagang yg laris dngn jualannya.
Hok...?? M…

Cara Pendaftaran siswa Baru MAN 1 Model Lubuklinggau

MAN 1 Lubuklinggau Mulai Menerima Pendaftaran Peserta Didik Baru (PPDB) Online Jalur Penelusuran Minat dan Prestasi (PMP), Pendaftaran PPDB Jalur PMP di mulai tanggl 21 s.d. 29 April 2017.

Untuk Info selengkapnya bisa langsung ke web resmi MAN 1 Model Lubuklinggau diabwah ini: Info Pendaftaran PPDB Online, Klik Disini
Pendaftaran PPDB Online, Klik Disini

Semangat Menghafal AlQuran siswa MAN 1 Model Lubuklinggau

Pelaksanaan Ujian Nasional (UN) bagi siswa kelas XII MAN 1 Lubuklinggau telah dilaksanakan beberapa hari yang lalu, akan tetapi siswa kelas XII masih tetap datang ke sekolah untuk menyetorkan hafalan AL-Qur`an kepada guru pembimbingnya.


Seperti yang nampak di ruang Guru, Selasa (18/4) beberapa siswa sedang menyetorkan hafalannya kepada salah satu guru pembimbing, seperti layaknya siswa pada umumnya siswa-siswa tersebut antri menghadap guru pembimbing untuk setoran hafalan Al-Qur`an.
Ketika dijumpai Tim Jurnalis siswa tersebut dengan sambil tersenyum mengungkapkan bahwa mereka tetap datang untuk menyetor hafalan meski tidak lagi aktif sekolah karena sudah mengikuti UN, "alhamdulillah kami masih berkesempatan untuk menghafal Al-Qur`an sudah tugas kami untuk mendukung terbentuknya Rumah Tahfiz di Madrasah tercinta ini", kata salah satu siswa yang tidak mau disebutkan identitasnya.
Lebih lanjut siswa tersebut mengungkapkan hafalan Al-Qur`an sangat baik dan banyak pahalanya, "h…

Pemimpin yang ADIL dan JUJUR jauh lebih baik

Dalam kitab al-Syamil, Imam al-Haramain menceritakan Karamah ‘Umar yang tampak ketika terjadi gempa bumi pada masa pemerintahannya. Ketika itu, ‘Umar mengucapkan pujian dan sanjungan kepada Allah, ketika bumi bergoncang begitu menakutkan. Kemudian `Umar memukul bumi dengan kantong tempat susu sambil berkata, “Tenanglah kau bumi, bukankah aku telah berlaku adil kepadamu.” Lalu Bumi kembali tenang saat itu juga.
Imam al-Haramain juga mengemukakan kisah tentang sungai Nil dalam kaitannya dengan karamah ‘Umar. Pada masa jahiliyah, sungai Nil tidak mengalir sehingga setiap tahun dilemparlah tumbal berupa seorang perawan ke dalam sungai tersebut. Ketika Islam datang, sungai Nil yang seharusnya sudah mengalir, tenyata tidak mengalir. Penduduk Mesir kemudian mendatangi Amr bin Ash dan melaporkan bahwa sungai Nil kering sehingga diberi tumbal dengan melempar seorang perawan yang dilengkapi dengan perhiasan dan pakaian terbaiknya. Kemudian Amr bin Ash r.a. berkata kepada mereka, “Sesungguhnya …

Dialog GUSDUR ; Iblis Yang Sebenarnya

DIALOG GUS DUR DAN SANTRI
Santri : "Ini semua gara-gara Nabi Adam, ya Gus!" Gus Dur : "Loh, kok tiba-tiba menyalahkan Nabi Adam, kenapa Kang." Santri : "Lah iya, Gus. Gara-gara Nabi Adam dulu makan buah terlarang, kita sekarang merana. Kalau Nabi Adam dulu enggak tergoda Iblis kan kita anak cucunya ini tetap di surga. Enggak kayak sekarang, sudah tinggal di bumi, eh ditakdirkan hidup di Negara terkorup, sudah begitu jadi orang miskin pula. Emang seenak apa sih rasanya buah itu, Gus?"
Gus Dur : "Ya tidak tahulah, saya kan juga belum pernah nyicip. Tapi ini sih bukan soal rasa. Ini soal khasiatnya." Santri : "Kayak obat kuat aja pake khasiat segala. Emang Iblis bilang khasiatnya apa sih, Gus? Kok Nabi Adam bisa sampai tergoda?"
Gus Dur : "Iblis bilang, kalau makan buah itu katanya bisa menjadikan Nabi Adam abadi." Santri : "Anti-aging gitu, Gus?" Gus Dur : "Iya. Pokoknya kekal." Santri : "Terus Nabi Ad…

IBU "PEMBOHONG"

INILAH FAKTA KEBOHONGAN DARI SEORANG IBU, YANG WAJIB DIKETAHUI :
1. Saat makan, jika makanan kurang, Ia akan memberikan makanan itu kepada anaknya dan berkata, "Cepatlah makan, ibu tidak lapar."
2. Waktu makan, Ia selalu menyisihkan ikan dan daging untuk anaknya dan berkata, "ibu tidak suka daging, makanlah, nak."
3. Tengah malam saat dia sedang menjaga anaknya yang sakit, Ia berkata, "Istirahatlah nak, ibu masih belum ngantuk."
4. Saat anak sudah tamat sekolah, bekerja, mengirimkan uang untuk ibu. Ia berkata, "Simpanlah untuk keperluanmu, nak, ibu masih punya uang."
5. Saat anak sudah sukses, menjemput ibunya untuk tinggal di rumah besar, Ia lantas berkata, "Rumah tua kita sangat nyaman, ibu tidak terbiasa tinggal di sana."
6. Saat menjelang tua, ibu sakit keras, anaknya akan menangis, tetapi ibu masih bisa tersenyum sambil berkata, "Jangan menangis, ibu tidak apa-apa."
Ini adalah kebohongan terakhir yang dibuat ibu. Tidak …

10 Hal Untuk Kita Renungkan

1. Doa bukanlah "ban serep" yang kita keluarkan ketika dalam masalah, Doa adalah "kemudi" yang menunjukkan arah yang tepat...
2. Kenapa kaca depan mobil sangat besar dan kaca spion begitu kecil.? Karena masa lalu kita tidak sepenting masa depan kita. Jadi, pandanglah ke depan dan majulah...
3. Pertemanan itu seperti sebuah buku. Hanya membutuhkan waktu beberapa detik untuk membakarnya, tapi membutuhkan waktu tahunan untuk menulisnya.
4. Semua hal dalam hidup adalah sementara. Jika berlangsung baik, nikmatilah... Karena tidak akan bertahan selamanya. Jika berlangsung salah, jangan khawatir... Karena juga tidak akan bertahan lama.
5. Teman lama adalah emas! Teman baru adalah berlian! Jika kita mendapat sebuah berlian, jangan lupakan emas! Karena untuk mempertahankan sebuah berlian, kita selalu memerlukan dasar emas.
6. Seringkali ketika kita hilang harapan dan berpikir ini adalah akhir dari segalanya, Tuhan tersenyum dari atas dan berkata " Tenang, Sayangku...,…

Pembuktian Cinta Sejati Hanya Dengan Menikah

Pernyataan dan kepastian teori pasti butuh bukti, pengadilan butuh bukti, klaim tuntutan butuh bukti, keimanan butuh bukti dan tentunya cinta juga butuh pembuktian
Jika ada mengakui mencinta tetapi tidak menikahi atau segera menikahi maka itu semua hanya cinta kasih yang menjelma saja dalam pandangan mata yang berfatamorgana.

Walaupun yang diumbar adalah sajak romantis yang mengalahkan merdu kicauan burung, walaupun sentuhan sayang yang dibelai mengalahkan tetesan embuh dan walaupun buah tangan yang diberi adalah rangkaian melati bersanggul jelita. Semuanya tanpa pernikahan adalah semi palsu bahkan tipu daya.
Mengapa? karena orang yang paling mengetahui hakikat pembuktian cinta mengatakan bukti cinta adalah menikah. Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,
لم ير للمتحا بين مثل النكاح
“Tidak diketahui [yang lebih bermanfaat] bagi dua orang yang saling mencinta semisal pernikahan” [HR. Ibnu Majah)

Ulama pakar hati Ibnu Qayyim Al-Jauziyah berkata,
وقد اتفق رأي العقلاء من الأطباء …

ISTRI YANG BAHAGIA MELANCARKAN REJEKI KELUARGA

Betapa pentingnya peran seorang istri, bahkan kondisi emosi jiwanya saja bisa berpengaruh terhadap keberlangsungan rejeki keluarga. 
Kenapa istri yang bahagia bisa melancarkan rejeki?
Ini lho alasannya:
# Istri yang bahagia menjalani hidupnya dengan positif.
# Istri yang bahagia dipenuhi rasa syukur karena memiliki rumah tangga yang bahagia dan suami yang membahagiakan, akan menarik hal-hal positif ke dalam rumah tangga, termasuk rezeki.
# Istri yang bahagia akan senantiasa mendoakan suaminya, doa yang ikhlas dari hati yang dalam agar suaminya dilindungi dalam setiap langkah dan dipermudah jalan rezekinya.
# Istri yang bahagia akan menjadi partner yang menyenangkan bagi suami, membuat suami tenang untuk bekerja dan mencari rezeki bagi keluarga.
# Istri yang bahagia akan menjadi pendukung utama suaminya bukan hanya di saat susah tetapi di saat sedih dan menghadapi masalah.
# Istri yang bahagia dapat diandalkan suaminya untuk mendidik anak-anak yang bahagia. Anak-anak yang bahagia akan …

Keberkahan Waktu

Kasus 1 A : Minggu depan nonton yuk.. B : Ayook…. A : Emmm tapi. bukannya udah mau ujian ya B : Kan nonton sekali-sekali, belajarnya masih bisa di waktu lain kok

A : Eh Minggu depan ngaji yuk… B : Waduh maaf nih ujian semester udah deket A : Ngajinya sebentar kok B : Emmm… tapi masih banyak banget materi ujian yang belum paham
Kasus 2 A : (via phone) Sob maaf gerimis nih, maen futsalnya minggu depan aja ya B : Yaelah cuma gerimis kecil, entar kujemput pake mantel

A : (Via phone) jadi ikut ngaji hari ni? B : Aduh kayaknya cuaca ga dukung nih, udah mulai gerimis A : kujemput pake mantel ya..? B : Emmm… ga usah, lagian ga nyaman nanti ngajinya kalo bajunya agak basah-basah gitu
Kasus 3 A : Pokoknya aku harus bisa wisata keliling nusantara, korea, dan jepang B : jauh amat wisatanya? A : Iya dong, kalo mau liat tempat indah memang harus jauh melangkah

B : Besok ikut pengajian yuk A : Dimana? B : Itu, di masiid samping kampus kita A : Wah jauh amat…
Kasus 4 A : hari minggu shoping yu…

Bangunan yang akan masuk Syurga

Sebaik-baiknya tempat yang dicintai oleh Allah di muka bumi ini ialah masjid.  Dan masjid adalah bangunan yang kelak akan masuk surga, kemudian usai masjid masuk ke dalam surga, Allah SWT berfirman "Wahai rumah Ku, adakah orang yang ingin engkau ajak masuk surga bersama mu?" maka masjid menjawab "Iya, mereka yang menyedekahkan hartanya untuk ku, dan mereka yang memakmurkan ku" . KH Luthfi Zawawi

Penyebab penyakit yang sebenarnya

Seorang Profesor Muslim di Jepang melakukan Riset yg luar Biasa :... Jika *maag* bukan hanya diakibatkan karena kesalahan pola makan, tapi justru lebih didominasi karena *stress*.Jika *hypertensi* bukan hanya diakibatkan oleh terlalu banyak konsumsi makanan yang asin, tapi lebih dominan karena kesalahan dalam me manage *emosi*.Jika *kolesterol* bukan hanya diakibatkan oleh makanan berlemak, tapi rasa *malas berlebih* yang lebih dominan menimbun lemak.Jika *asthma* bukan hanya karena terganggunya suplai oksigen ke paru-paru, tapi sering merasa *sedih* yang membuat kerja paru-paru tidak stabil.Jika *diabetes* bukan hanya karena terlalu banyak konsumsi glucousa, tapi sikap *egois dan keras kepala* yang mengganggu fungsi pankreas.Jika penyakit *liver* bukan hanya karena kesalahan pola tidur, tapi sifat *suudzon* kepada orang lain yang justru merusak hati kita.Jika *jantung koroner* bukan hanya diakibatkan oleh sumbatan pada aliran darah ke jantung, tapi *jarang sedekah* membuat jantung ki…

Kelemahan Setan

Dan berkatalah syaitan tatkala perkara (hisab) telah diselesaikan: "Sesungguhnya Allah telah menjanjikan kepadamu janji yang benar, dan akupun telah menjanjikan kepadamu tetapi aku menyalahinya. sekali-kali tidak ada kekuasaan bagiku terhadapmu, melainkan (sekedar) aku menyeru kamu lalu kamu mematuhi seruanku, oleh sebab itu janganlah kamu mencerca aku akan tetapi cercalah dirimu sendiri. aku sekali-kali tidak dapat menolongmu dan kamupun sekali-kali tidak dapat menolongku. Sesungguhnya aku tidak membenarkan perbuatanmu mempersekutukan aku (dengan Allah) sejak dahulu". Sesungguhnya orang-orang yang zalim itu mendapat siksaan yang pedih. (QS Ibrahim: 22)

Keajaiban Istighfar yang Menggetarkan

Lafadz Istighfar merupakan salah satu dzikir untuk memohon ampun kepada Allah. Biasanya setelah sholat, umat muslim tidak akan melewatkan untuk mengucapkan kalimat Astagfirullah Hal Adzim tersebut.
Harapannya, Istighfar mampu menghapuskan dosa-dosa yang diperbuat. Ternyata, tidak hanya untuk memohon ampunan, kalimat dzikir yang sering diucapkan Nabi Muhammad ini juga memiliki banyak keutamaan lain jika diamalkan.

Kisah-kisah berikut menceritakan bagaimana ajaibnya amalan Istighfar dalam kehidupan. Mulai dari kisah pedagang roti yang ingin bertemu dengan Imam Ahmad, Bagaimana lengkapnya? Berikut ulasannya.
Kisah Ajaib Pedagang Roti Imam Ahmad rahimahullah merupakan salah satu ulama madzhab 4 yang namanya mahsyur hingga saat ini. Pada zamannya, Ia begitu dielu-elukan oleh banyak orang. Dalam sebuah kisah yang ditulis Imam al Jauzi rahimahullah dalam buku tentang " Imam Ahmad Bin Hambal Rahimahullah" dikisahkan bahwa saat sang Imam memasuki usia senja beliau begitu ingin pergi k…

Doa lain setelah membaca Alquran

DOA SETELAH MEMBACA AL QURAN
كَــلاَ مٌ قَدِ يمٌ لاَ يُمَلُّ سَمَــا عُـــهُ
Al Quran adalah Kalamullah yang Qadim yang tidak ada kebosanan untuk didengarkan

تَنَــزَّهَ عَن قَو لٍ وَفِعلٍ وَنِيَّــــةٍ 
Yang disucikan dari ucapan, perbuatan dan kehendak

بِهِ اَشتـَفِى مِن كُلِّ دَا ءٍ وَنُو رُهُ 
Dengan Al Quran itu, aku minta kesembuhan dari segala penyakit dan cahaya Al Quran

دَ لِيــلٌ لِقَلبِي عِندَ جَهــلِى وَحَيرَ تِى 
itu menjadi petunjuk hatiku ketika aku dalam kebodohan dan kebingungan

فَيَـا رَبِّ مَتِّعــنِي بِسِرِّ حُرُفِهِ 
Wahai Tuhanku, anugrahilah aku dengan rahasia dalam huruf Al Quran

وَنَوِّر بِهِ قَلبِي وَسَمعِــى وَمُقلَــتِى 
dan berilah cahaya dihatiku pendengaran dan mataku berkat Al Quran

وَسَهِّلْ عَلَيَّ حِفْظَهُ ثُمَّ دَرْسَهُ
"Dan mudahkanlah bagiku, menghafalkannya, lalu mempelajarinya.."

بِجَاهِ النّبِى وَالْاٰلِ ثُمَّ الّصَّحَابَةِ
"Dengan kedudukan mulia Sang Nabi, Keluarga beliau, dan para Sahabat Sang Nabi.


PERMEN DENGAN BUNGKUSNYA

Maukah Anda saya berikan sebuah PERMEN dengan bungkusnya?
Jawab: Anda tentu mau..
.
Maukah Anda saya berikan sebuah PERMEN tanpa bungkusnya dan saya keluarkan dari kantong celana saya?
Jawab : Anda tentu tidak mau
.
Padahal setelah Anda saya kasih Permen yang masih terbungkus, saya perhatikan Anda buang bungkusnya...
.
Kuliah Hikmah kali ini saya ambil dari Audio Ust. Nasrulloh
.
Karena Allah selalu mengirim Rezeki yang dibungkus oleh musibah...
Seperti permen dengan bungkusnya..
bungkusnya yang akan Anda buang adalah musibah yang sedang menimpa Anda sekarang.
.
Sebenarnya ada Rezeki besar yang akan datang mengiringinya  sebentar lagi dan itu adalah permennya..
.
Jadi saat Anda di PHK...
ucapkan "Bagus itu... "
sambil mikir apa yaa bagusnya ketika Anda di PHK? Hehe..
karena yakinlah setelah Anda di PHK akan datang rezeki yang luar biasa..
.
Saat Anda di tinggal orang yang Anda cintai... katakan "Bagus itu.. "
hehe jadi Anda ga pernah ada negative thingking at…

Pengertian Istidroj

Istidraj adalah suatu jebakan berupa kelapangan rezeki padahal yang diberi dalam keadaan terus menerus bermaksiat pada Allah.
Jadi, ketika Allah membiarkan kita : 1. Sengaja meninggalkan shalat. 2. Sengaja meninggalkan puasa. 3. Tidak ada perasaan berdosa ketika bermaksiat dan membuka aurat. 4. Berat untuk bershadaqah. 5. Merasa bangga dengan apa yang dimiliki. 6. Mengabaikan semua atau mungkin sebagian perintah Allah. 7. Menganggap enteng perintah-perintah Allah. 8. Merasa umurnya panjang dan menunda-nunda taubat. 9. Tidak mau menuntut ilmu syar'i. 10. Lupa akan kematian.
Tetapi Allah tetap memberikan kita : 1. Harta yang berlimpah. 2. Kesenangan terus menerus. 3. Dikagumi dan dipuja puji banyak orang. 4. Tidak pernah diberikan sakit. 5. Tidak pernah diberikan musibah. 6. Hidupnya aman-aman saja.
Hati-hati karena semuanya itu adalah ISTIDRAJ..
Ini merupakan bentuk kesengajaan dan pembiaran yang dilakukan Allah pada hambaNya yang sengaja berpaling dari perintah-perintah Allah, All…

POLA PIKIR TERBALIK

Orang miskin: Pak tolong dibuatkan parcel yg bagus dan mahal, karena itu akan saya hadiahkan utk boss saya".

Orang kaya raya
Pak tolong dibuatkan parcel yg paling murah, karena itu akan saya hadiahkan utk karyawan2 bawahan saya".

Pertanyaan menariknya adalah:
* Siapa yg lebih miskin ?
* Siapa yg lebih kaya ?
* Siapa yg lebih baik ?

Saya rasa jawabannya tdk usah dibahas lagi.

Begitulah kita sebagai manusia, terkadang berpikirnya sering terbalik-balik. 
Kepada orang yg seharusnya pantas disantuni, justru kita jadi sangat pelit.

Kepada orang yg berkelimpahan harta, kita justru jadi sangat royal.

Kepada orang lemah/bawah yg seharusnya kita berlemah-lembut kepadanya, justru kita jadi sangat kasar dan jahat dlm ucap maupun sikap.

Kepada orang yg sepantasnya kita tegur, karna kesombongan dan kejahatannya, justru kita jadi sangat hormat.

Kepada orang yg setiap hari makan mewah, kita mengundangnya dalam pesta dengan suguhan makanan yg 'wah' dan melimpah.

Tetapi kepada orang yg hari ini bisa…