Makna Taqwa

Kalimat ini sering sekali kita dengar, apalagi kaum adam yang setiap jumatnya melaksanakan sholat jumat, khotib diawal khutbahnya selalu menyampaikan makna taqwa, kerena berwasiat dan mengingatkan akan ketaqwaan merupakan salah satu rukun khutbah.

Kalimat taqwa ini berasal dari bahasa Arab yang memiliki ari takut; bisa kita lihat dalam sebuah hadits yang berbunyi: 
اتقوا فراسة المؤمنين فانه ينظروا بنور الله
yang artinya takutlah kamu dengan firasat orang mukmin, kerena dia melihat dengan cahaya Allah

Makna Takut ini biasanya kita mengartikannya bahwa kita harus menjauh, misalnya kita takut dengan binatang buas (harimau, ular, dll) biasanya kita menjauh dan menghindar dari binatan tersebut. lalu bagaimana jika kita takut kepada Allah SWT. apakah kita mesti menjauh?

Takut kepada Allah SWT berbeda dengan kita takut kepada makhluk, kerena dengan adanya rasa takut maka kita harus selalu mendekat kepadaNya. yang mesti kita takutkan kepada Allah adalah azab dan siksanya. kerena tidak ada seorang manusiapun yang bisa menghindar dari ketentuan Allah SWT.

Takut dengan Azab Allah maka kita harus mendekat kepadaNya
Takut dengan Neraka maka kita harus mendekat kepadaNya
Takut dengan Siksa dan janji-janji Allah maka kita juga harus mendekat kepadaNya

Semoga saja di dalam hati kita selalu ditanamkan rasa takut kepada Allah SWT, dengan rasa takut tersebut kita bisa selalu mendekatkan diri kepadaNya, sehingga kita banyak melakukan segala yang Allah perintahkan dan menjauhi yang dilarang oleh Allah SWT. aamiin

Wallauhu Alam
Kamis Pagi 07 Januari 2016


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Khutbah Jumat; Menepati Janji

Profil Singkat KH. Muhammad Bakhiet

SYAIR ABU NAWAS