MASALAH-MASALAH ORGANISASI

Identifikasi dan kategorisasi masalah yang dihadapi organisasi tentu sangat penting. Mengetahui masalah yang terjadi termasuk kategori apa, akan sangat membantu hadirnya solusi. 

Berikut kategori masalah organisasi :

1. LEADERSHIP.
Leader yg lemah adalah ibu dari segala masalah organisasi. Berbagai kekuatan dan peluang banyak yang terbuang sia-sia dengan hasil minim.


2. SDM
Organisasi kuat dibentuk oleh SDM kuat, bukan sebaliknya. SDM yg salah rekrut akan datangkan masalah2 besar. SDM yg tak dilatih dan dikembangkan membuat organisasi jalan di tempat.


3. MANAJEMEN KINERJA
Perencanaan kinerja yg lemah membuat produktifitas rendah. Eksekusi yg lelet membuat rencana hebat menjadi wacana belaka. Monitoring yg asal membuat kinerja buruk terlihat memukau dalam laporan. Evaluasi menjadi ajang perang dan pembelaan diri.


4. BUDAYA
Budaya adalah ruh kinerja. Budaya kerja yang buruk terlihat dari wajah leader dan SDM yg makin lama makin banyak kerutannya. Kinerja organisasi menjadi hasil para "superman" yg sibuk mencari tepuk tangan para pecundang. Segala cara menjadi halal tanpa ada value sebagai batas.


5. EKSTERNAL
Prestasi buruk dilegitimasi dengan adanya masalah2 eksternal. Organisasi sibuk menganalisa masalah eksternal sebagai pembenar atas ketidakmampuan internal. "Dunia sedang krisis. Semua industri lesu. Wajar saja bila organisasi kita juga melambat".

Semoga bermanfaat temans...

2 November 2015.
Supardi Lee.
Action Maker.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Khutbah Jumat; Menepati Janji

Profil Singkat KH. Muhammad Bakhiet

SYAIR ABU NAWAS