Apakah bisnis "bebas bayar" itu MLM?

Sedikit sharing aja buat temen2 disini. Kebetulan thn 2006-2007 sy pernah jualan pulsa, jd sistem Bebas Bayar ini ga susah2 amat dipelajari dan diikuti..

Dulu ada produk sejenis ini, namanya V-N*t. Tapi itu murni MLM, krn ada ijin APLI nya..
Nah, problem yg paling sering ditanyakan saat memprospek orang, yg paling sering adalah : "Apakah ini MLM?"

Yes, faktanya sy menemukan banyak orang yg alergi begitu mendengar kata2 MLM atau Network Marketing.

Nah setelah sy pelajari, sistem Bebas Bayar ini cukup unik. Krn mengkombinasikan sistem affiliasi dan network marketingnya..

Dan jelas2 tidak bisa dikatakan sbg MLM.
Alasannya sbb :
  1. Kalo MLM biasanya ada biaya pendaftarannya, bahkan ada yg perlu perpanjangan setiap tahun. Sedangkan di Bebas Bayar ini FREE alias GRATIS, tetapi diberi opsi boleh upgrade membership.
  2. Bicara MLM tentu selalu berhubungan dgn TARGET TUTUP POIN BULANAN. Hal itulah yg sering membuat org frustasi utk ikutan MLM, krn susah melakukan tutup poin. Sedangkan di Bebas Bayar ini TIDAK ADA KEWAJIBAN TUTUP POIN.
  3. MLM selalu akan berhubungan dgn peringkat2 leadernya, seperti misalnya : gold, diamond, director, dll. Di Bebas Bayar ini sama sekali tidak ada sistem peringkat yg membedakan 'kasta'-nya.
  4. Produk dan Harga Produk MLM biasanya agak kurang masuk akal. Mahal sekali, sebab dlm harganya tsb digunakan sebagian utk menyubsidi bonus. Selain itu blm tentu produknya bisa kita pakai. Sedangkan di Bebas Bayar, produknya sangat membumi, semua orang pasti akan membutuhkan.
  5. Dalam MLM biasanya akan diwajibkan utk mengembangkan jaringannya dengan merekrut member2 baru.Di Bebas Bayar ini lebih leluasa. Kita boleh hanya menjadi konsumen saja, mengambil manfaat dgn menggunakan utk transaksi sendiri.
Bisa juga sbg konsumen plus penjual, yaitu bisa menjual jasa ke orang lain dgn kita mengambil keuntungan langsung dr penjualan tsb.
Bisa juga sbg konsumen plus penjual plus network marketer. Jadi selain utk menggunakan sendiri, juga untuk berjualan, dan juga mengembangkan jaringan agar bs mendapatkan potensi passive income.
Nah 5 hal inilah yg bs menjadi 'senjata' utk menjelaskan ke prospek apabila mereka masih takut, trauma atau malas jika berhubungan dgn MLM.

Semoga bermanfaat..

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Khutbah Jumat; Menepati Janji

Profil Singkat KH. Muhammad Bakhiet

SYAIR ABU NAWAS