Teks Doa untuk Indonesia

Alhamdulilah segala puji bagi-Mu yang telah menganugerahkan kami tanah air yang dilukiskan sebagai sekeping taman surga. Segala puji bagi-Mu yang menjadikan kami ber-Bhineka Tunggal Ika. Segala puji bagi-Mu yang telah menakdirkan kami bebas merdeka. Segala puji bagi-Mu yang menjadikan kami berpeluang memilih sendiri pemimpin yang kami rasa lebih dekat kepada kami dan kami pikir lebih mampu menganggulangi keluhan dan mewujudkan keinginan kami serta lebih bisa -atas bantuan-Mu Ya Allah- memberi rasa aman dan tenteram bagi kami dan anak cucu kami. 

Ya Allah, peliharalah bangsa dan negara kami. Perkukuhlah persatuan dan kesatuan kami. Janganlah jadikan Pilpres ini benih perpecahan dendam kesumat apalagi sengketa di antara kami. Ya Allah, jangan jatuhkan bencana atas bangsa kami karena ulah orang-orang picik dan jahil. Ya Allah, jangan sampai kebohongan dan fitnah menggerogoti kesatuan dan persatuan kami. Belenggulah daya dan tangan mereka yang menyebarkan fitnah dan bongkarlah kemunafikan dan kebohongan yang menyertai mereka, siapapun mereka. 

Ya Allah, kami semua lemah tanpa bantuan-Mu. Karena itu Ya Allah, turunkalah para malaikat, untuk mendukung, membentengi, dan mengukuhkan jiwa kami, sehingga tidak rayuan, tidak pula intimidasi dan ancaman, dapat mengotori keikhlasan kami dan mengubah pilihan tulus kami. 

Ya Allah, cegahlah siapapun yang bermaksud memaksakan pilihannya, yang bukan kehendak kami. Anugerahi pula kami limpahan ganjaran karena pilihan kami yang tulus dan benar, dan jangan tidak memberi ganjaran saudara-saudara kami sebangsa yang telah memilih dengan tulus kendati pilihan mereka keliru. 

Ya Allah, kami sepenuhnya sadar bahwa Kekuasaan penuh berada dalam gengaman tangan-Mu. Engkau yang memberi kekuasaan bagi siapa yang Engkau kehendaki dan mencabut kekuasaan dari siapa yang Engkau Kehendaki. Engkau muliakan siapa yang Engkau Kehendaki dan rendahkan siapa yang Engkau Kehendaki. Dalam gengaman tangan-Mu segala kebajikan sesungguhnya Engkau Maha Kuasa atas segala sesuatu. 

Ya Allah dengan pengaturan-Mu tidak lagi dibutuhkan upaya, dengan limpahan anugerah-Mu tercapai yang melebihi harapan, dengan santunan-Mu tertutupi segala kekurangan, dan dengan pengampunan-Mu terhapus segala kesalahan. Karena itu ya Allah, kami mengandalkan pengaturan-Mu setelah segala upaya kami lakukan. 

Kami merindukan curahan rahmat-Mu setelah Engkau tahu pilihan dan harapan kami. Kami memohon santunan-Mu kiranya kekurangan kami tertutupi dan Kami memohon pengampunan Mu sehingga terampuni segala kesalahan kami. 

Ya Allah, jika ketetapan dan izin-Mu menjadikan pasangan yang bukan pilihan kami sebagai Peresiden dan wakil Presiden maka bantulah kami menerima mereka dengan ketulusan hati dan kepatuhan untuk dipimpin, serta peliharalah mereka dari terjerumus dalam godaaan setan dan rayuan duniawi. Ya Allah, jika ketetapan dan restu-Mu mengarah kepada pasangan pilihan kami, maka bantulah mereka melaksanakan amanat serta dukunglah mereka dan dukung pula kami membantu mereka mewujudkan cita-cita Proklamasi. 

Ya Allah, anugerahilah Capres dan Cawapres yang menang, kemampuan mensyukuri kemenangan tanpa keangkuhan, dan bimbing pula mereka agar sukses memimpin bangsa dengan adil dan benar, tanpa membedakan pendukung dan yang tidak mendukungnya. 

Ya Allah, anugerahi pula Capres dan Cawapres yang belum memperoleh kehormatan menjadi Presiden dan Wakil Presiden dalam Pilpres ini kemampuan menerima kekalahan secara ksatria, dan berilah mereka ganjaran berlipat ganda atas usaha dan niat tulus mereka untuk mengabdi. Bahkan anugerahi mereka peluang untuk mengabdi dalam tugas mulia yang seimbang disisi-Mu dengan tugas Presiden dan Wakil Presiden. Akhirnya Ya Allah, jadikanlah kamu semua hamba-hamba-Mu yang bersaudara. 

Ya Allah, berkat kesucian Ramadhan kami bermohon terimalah doa kami, jangan kecewakan kami. Amin. [M. Quraish Shihab] 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Khutbah Jumat; Menepati Janji

Profil Singkat KH. Muhammad Bakhiet

SYAIR ABU NAWAS