Kelas Tarawih

Bulan Ramadhan ini merupakan bulan yang penuh dengan keistimewaan-keistimewaan, salah satunya ada sholat tarawih, yang pada bulan-bulan yang lain kita tidak akan menemukan yang namanya sholat tarawih. meskipun sholat tarawih ini menjadi salah satu tanda bulan ramadhan dan di dalamnya terdapat keistimewaan, tapi tidak jarang kita menemukan orang yang menjalankan sholat tarawih ini dengan apa adanya, dalam artian mereka hanya mengikuti sebagai tradisi bulan ramadhan. makanya sering kita temukan berbagai macam bentuk orang yang sholat tarawih, ada yang 20 rakaat dan ada juga yang 8 rakaat.

Dan dalam pelaksanaannya ada yang membutuhkan waktu 5 menit dan ada yang membutuhkan waktu 2 jam dalam menjalankan ibadah sunnah ini, di bawah ini ada beberapa tipe sholat tarawih:

1. Kelas CALO ; yaitu orang yg ngajak-ngajak Tarawih tetapi dirinya sendiri tidak pernah ikut Tarawih, Banyak yang kita jumpai orang yang tipe semacam ini, yang hanya menyuruh orang untuk melakukan kebaikan, sedangkan dirinya sendiri tidak melakukan.. orang semacam ini sudah jelas dilaknat oleh Allah SWT, sebagaimana dalam firmannya: kaburo maktan Indallahi antakulu malatapalun
Allah sangat murka kepada orang yang hanya menyruh tanpa dirinya sendiri melakukan apa yang ia ucapkan

2. Kelas EKONOMI; yaitu Tarawihnya orang sendirian di rumah, tidak perlu berjalan atau naik kendaraan ke mesjid/mushola, dan tidak mendapat keutamaan berjama'ah, tipe ini bisa kita sebut orang yang pelit terhadap dirinya sendiri untuk melakukan kebaikan, apa mungkin kerena dia malas atau kerena sibuk dengan kegiatan2 yang lain..

3. Kelas EKSPRESS; yaitu Tarawih yg inti utamanya adalah "cepat selesai", rata-rata 1 menit bisa 2 rakaat, tidak memperhatikan makhorijul huruf bacaan Al Qur'an, dan tidak peduli makmum di belakangnya mau tua renta, sebaya, pemuda, maupun anak-anak, ini banyak kita temukan disetiap bulan ramadhan, baru saja takbir, eh.. sudah salam..enak kalau jamaahnya orang yang muda2 dan kuat untuk diajak berlari dalam sholat…masalah diterima atau tidak itu urusan Allah katanya, padahal kita juga harus tau bahwa amal ibadah itu diterima juga memenuhi syarat dan rukun

4. Kelas BISNIS; yaitu Tarawih versi standar, biasanya sang Imam menggunakan bacaan surat pendek terutama 13 surat terakhir dalam juz 30, kekhusyu`an tetep terjaga, tetep memperhatikan makhorijul huruf bacaan, serta tidak terlalu cepat dan tidak terlalu lambat.

5. Kelas EXECUTIVE; yaitu Tarawih kelas ISTIMEWA, bacaan suratnya panjang-panjang, kehusyu`an sangat terjaga, makhorijul huruf sangat bagus, pelafalan bacaan imam merdu dan enak didengar, terdapat kedamaian, ketentraman, dan ketenangan baik bagi imam sendiri maupun bagi makmum yg mengikutinya.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Khutbah Jumat; Menepati Janji

Profil Singkat KH. Muhammad Bakhiet

SYAIR ABU NAWAS