Kaligrafi Bukan Khat

Berkaitan dengan Judul diatas, silakan baca sampai tuntas tulisan ini, supaya mengerti apa itu Kaligrafi dan Apa Itu Khat??

Kata Kaligrafi ini berasal dari bahasa Yunani yang disederhanakan dalam bahasa Inggris iaitu Calligraphy yang berasal dari dua suku kata bahasa Yunani iaitu Kallos dan Graph yang bererti beauty (indah) dan grapeny: to write (menulis),
jadi dapat diertikan dengan tulisan indah, atau seni tulisan indah. Dalam bahasa Arab kaligrafi, kaligrafi ini biasa disebut dengan khath, (الخط، ج خطوط) . Merupakan bentuk masdar dari bahasa Arab yaitu (يخط - خطا خط) yang ertinya الكتبة atau السطر (tulisan atau garis), misalnya خط الشيئ ertinya بقلم أو غيره كتبه (ia menulis atau memberi garis dengan pena atau dengan yang lain)

Manja Mohd Ludin dan Ahmad Suhaimi J. Mohd Nor mengungkapkan pengertian kaligrafi itu suatu coretan atau tulisan yang membawa maksud tulisan yang indah, dalam erti kata tulisan tersebut mempunyai kehalusan dan kesenian. Dengan demikian dapat dikatakan suatu tulisan yang ditulis dengan indah atau suatu kepandaian menulis elok dan boleh juga dikatakan seni tulisan indah. Dalam mengungkapkan pengertian kaligrafi ini bermacam-macam ungkapan yang dikemukakan oleh para tokoh dan pencintanya. Ungkapan tersebut sesuai dengan pengalaman yang dirasakan oleh kaligrafer itu sendiri, sehingga masing-masing kaligrafer itu memiliki corak tersendiri dalam memaknai kaligrafi tersebut.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Khutbah Jumat; Menepati Janji

Profil Singkat KH. Muhammad Bakhiet

SYAIR ABU NAWAS