Metode Kajian Linguistik

1. Metode histori
Metode histori Disebut juga metode diakronik, yaitu suatu bentuk kajian yang mempelajari sejarah bahasa tertentu atau salah satu aspek bahasa tertantu. Kata sejarah mengandung pengertian telaah dari masa silam terntentu samapai masa kini.. kalau kita menyebut sejarah bahasa Arab, maka terbayang dalam benak kita bagaimana keadaan bahasa Arab dalam rentang waktu yang panjang mulai dari masa Jahiliyah sampai masa kini. 

2. Metode komparatif 
Metode ini adalah suatu kajian bahasa yang mengambil objek dua bahasa atau lebih yang berasal dari satu rumpun. Umpamanya studi banding antara bahasa Arab dengan bahasa Ibrani yang kedua-duanya sama-sama termasuk rumpu bahasa semit. 

3. Metode Diskriptif 
Metode Deskriftif adalah suatu bentuk kajian bahasa secara ilmiah mengambil tataran bahasa atau dialek tertentu baik dari aspek bunyi, kata, kalimat, tau makna pada kurun waktu dan tempat tertentu pula. 

Tammam Hasan menyebutkan ada dua bentuk kajian makna, yaitu pertama, yang mengkaji perubahan makna dari waktu kewaktu yang disebut kajian makna secara historic atau diakronik, dan kedua studi makna pada kurun waktu tertentu yang disebut studi makna secara deskriftif atau singkronik.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Khutbah Jumat; Menepati Janji

Profil Singkat KH. Muhammad Bakhiet

SYAIR ABU NAWAS