Keutamaan Shalat Dhuha

Shalat Dhuha memiliki rahasia yang menakjubkan dengan bertaburkan keutamaan. Seandainya orang-orang yang melupakannya itu mengetahui keutamaannya, pastilah mereka tidak akan pernah melewatkan untuk shalat dhuha. 

Diantara keutamaanya itu adalah: pertama, sebagai pengganti sedekah anggota badan. Manusia memiliki 360 sendi, yang setiap sendinya hendaknya dikeluarkan sedekahnya pada setiap hari. Tentu, hal ini merupakan pekerjaan yang sangat sulit untuk dilaksanakan. Akan tetapi, Rosulullah Menawarkan solusi praktis untuk mengatasi itu semua, yaitu dengan menggantinya dua rakaat sholat dhuha. 

Rosulullah Bersabda: “setiap sendi tubuh seseorang diantara kamu harus disedekahi setiap hari. Mengucapkan satu kali tasbih (Subhanallah) sama dengan satu sedekah, satu kali tahmid (Alhamdulillah) sama denga satu sedekah, satu kali tahlil (La ilaha Illallah) sama dengan satu sedekah, satu kali takbir (Allahu Akbar) sama dengan satu sedekah, satu kali menyuruh kebaikan sama dengan satu kali sedekah, dan satu kali mencegah kemungkaran sama dengan satu sedekah. Semua itu dapat dicakupi dengan melaksanakna dua rakaat sholat dhuha.” (HR. Muslim dan Abu daud). 

Kedua, dibangunkan istana dari emas, Rosulullah Bersabda, “barangsiapa sholat dhuha 12 rakaat, maka Allah SWT akan membangun baginya istana dari emas di syurga.” (HR. Ibnu Majah). 

Ketiga, diampuni dosa-dosanya, Rosulullah SAW bersabda, “barang siapa yang menjaga sholat dhuha, maka dosa-dosanya akan diampuni meskipun sebanyak buih dilautan.” (HR. Ibnu Majah) 

Dalam hadits yang lain, “barang siapa yang menunaikan sholat shubuh kemudian ia duduk dan tidak mengucapkan perkataan yang sia-sia, melainkan berdzikir kepada Allah SWT hingga menunaikan sholat dhuha empat rakaat, maka dosa-dosanya akan terhapus bersih seperti anak yang baru dilahirkan oleh ibunya, ia tidak punya dosa.” (HR. Abu yu’la) 

Keempat, dicukupi kebutuhan hidupnya, dalam hadits Qudsi, Allah SWT berfirman, “Wahai anak adam, rukuklah (Sholatlah) kerena aku pada Awal siang (Sholat dhuha) empat rakaat, maka aku akan mencukupi (kebutuhanmu) sampai sore ahri.” (HR. Turmidzi). 

Kelima, mendapat pahala setara ibadah haji dan umrah, Rosulullah SAW bersabda, “barang siapa yang sholat subuh berjamaah kemudian duduk berdzikir untuk Allah sampai matahari terbit kemudian dilanjutkan dengan sholat dhuha dua rakaat, maka baginya seperti pahala haji dan umrah, sepenuhnya, sepenuhnya, sepenuhnya.” (HR. Tumidzi) 

Keenam, masuk surga melalui pintu dhuha, Sabda Rosulullah SAW, “sesungguhnya di surga kelak terdapat pintu yang bernama Ad-dhuha dan pada hari kiamat nanti akan terdengar panggilan, dimanakah orang yang melanggengkan sholat dhuha, ini adalah pintu kalian masuklah kalian dengan rahmat Allah SWT.” (HR. Tabrani) 

Saudaraku, begiti banyak keutamaan yang Allah janjikan kepada orang-orang yang membiasakan sholat dhuha. Masihkah kita tidak tergiur untuk mengerjakannya? 

Oleh: Imam Nur Suharno 
Sumber: Republika



Komentar

Postingan populer dari blog ini

Khutbah Jumat; Menepati Janji

Profil Singkat KH. Muhammad Bakhiet

SYAIR ABU NAWAS