Nilai-nilai yang melanggengkan perkawinan

1.      Keseimbangan
Dalam Al-quran surat ar-rahman ayat 7-9 Allah menjelaskan, Artinya: 7. dan Allah telah meninggikan langit dan Dia meletakkan neraca (keadilan). 8. supaya kamu jangan melampaui batas tentang neraca itu. 9. dan Tegakkanlah timbangan itu dengan adil dan janganlah kamu mengurangi neraca itu.


Keseimbangan yang mesti ada dalam rumah tangga:
·         Keseimbangan antara hak suami dan kewajibannya
·         Keseimbangan antara hak istri dan kewajibannya
·         Keseimbangan antara hak suami dan kewajiban suami dengan hak dan kewajiban istri
·         Keseimbangan antara member dan menerima
·         Keseimbangan antara mencintai diri dan mencintai orang lain
·         Keseimbangan antara pemasukan dan pengeluaran
·         Keseimbangan antara kemampuan dan keinginan
·         Keseimbangan antara sarana dan tujuan
·         Keseimbangan antara tugas dan kasih saya

2. Kebersamaan
o   Sama-sama hidup
Hidup ditandai dengan gerak, rasa dan tahu. Sama-sama hidup atau hidup bersama menjadikan pasangan harus memiliki gerak dan langkah yang sama. Kereta api berjalan di atas dua rel yang berbeda. Kendati berbeda, namun keduanya harus searah kalau tidak, kereta itu akan terbalik.  Kerena itu seandainya gerak salah satu pasangan tidak berkenan di hati pasangannya, maka jangan serta merta ia dilarang, tapi usahakanlah untuk mengarahkannya. Gerak yang kita maksud didini adalah gerak yang kearah positif.
o   Sama-sama manusia
Perempuan dan lelaki memilki persamaan dalam kemanusiaan juga kesataraan dalam kehidupan bersama. Keduanya berhak memperolah kehormatan sebagai manusia dan keduannya pun setara dalam kewajiaban dan hak dalam kehidupan rumah tangga.
Memang ada perbedaan pisik dan psikis diantara keduanya namun sekali lagi mereka tidak berbeda dari segi kemanusiaan, tidak juga yang satu memiliki kedudukan yang tinggi dari yang lainnya.
o   Sama-sama dewasa
Kedewasaan adalah kematangan pikiran dan emosi, kerena itu kedewasaan meliharkan tanggung jawab. Tanggung jawab yang ditekankan di sisni adalah tanggung jawab yang menyangkut pasangandan buah kebersamaan itu.
Kedewasaan mestinya semakin meningkat dengan perkawinan, kerena tanggung jawab sebelum kawin adalah tanggung jawab terhadap diri sendiri, dan setelah perkawinan, dua orang yang tadinya berdiri sendiri, kini menyatu.
o   Sama-sama cinta
Cinta sejati antar manusia dapat terjalin bila ada sifat-sifat pada yang dicintai, yang dirasakan sesuai dengan sifat-sifat yang didambakan oleh yang dicintai. Rasa inilah yang menjalin pertemeuan antara kedua pihak, sehingga dalam saat yang sama masing-masing mencintai dan dicintai.
Ibn Qoyyim Al-jauzi menyatakan: “kerena cinta dan demi cinta, langit dan bumi diciptakan, dan atas dasarnya makhluk diwujudkan. Demi cinta seluruh planet beredar dan dengannya pula semua gerak mencapai tujuannya serta bersambung awal dan akhirnya. Dengan cinta semua jiwa meraih harapannya.”

Postingan populer dari blog ini

Khutbah Jumat; Menepati Janji

Profil Singkat KH. Muhammad Bakhiet

SYAIR ABU NAWAS