Makna Iman kepada Allah SWT

Beriman kepada Allah merupakan rukun iman yang pertama,  jika kita mengaku beragama Islam sudah sepatutnya kita beriman kepada Allah, jika kita tidak beriman kepada Allah berarti kita belum bisa dibilang sebagai seorang mukmin.


Iman dalam makan bahasa indonesia yakni percaya, percaya kepada Allah berati kita yakin betul bahwa dalam kehidupan ini semuanya Allah yang mengatur dan mengeksekusi. Jika masih ada keraguan dalam benak kita itu berarti iman kita perlu dipertanyakan.

Kita percaya betul klu Allah itu samiun ( maha mendengar) niscaya kita tidak akan pernah mengucapkan ucapan-ucapan kotor dan tidak bermanfaat, kita percaya jika Allah itu bashirun ( maha melihat) niscaya kita tidak akan pernah bertindak yg tidak sesuai aturan agama, misalnya mencuri, korupsi, bermaksiat, dll, kita percaya betul jika Allah itu aliimun ( maha mengetahui) niscaya kita tidak akan pernah menyeleweng baik itu tindakan maupun hati, semua nya kita pasrah kepada Allah.

Kita ambil contoh, jika kita percaya atasan kita, orang tua kita, guru kita, mengetahui semua yang kita perbuat, niscaya kita akan berprilaku yang sangat hati-hati, karena kita tidak mau apa yang kita lakukan mengecewakannya apalagi membuatnya marah dan murka. Begitu juga semestinya sikap kita kepada Allah SWT. kerana Allah itu maha mengetahui apa yg kita perbuat, apa yang kita ucapakan, apa yang kita niatkan dalam hati, semuanya Allah maha mengetahui, klu dalam hadist disebutkan sampai semut hitam di dalam laut yang hitam dan di lapisi oleh batu hitam sekalipun Allah maha mengetahui.

Itulah makna Iman kepada Allah,  sudah seharusnya kita berhati-hati dalam berperilaku jika kita yakin Alah itu ada, kita percaya Allah itu ada.

Semoga saja kita, khususnya saya pribadi bisa menerapkan ini dalam kehidupan sehari-hari, kerena  kita sangat berharap hidup kita di dunia ini punya makna di sisi Allah, sehingga apa yang kita perbuat bernilai ibadah dan mendapatkan ridho Allah SWT. AAMIIN...

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Khutbah Jumat; Menepati Janji

Profil Singkat KH. Muhammad Bakhiet

SYAIR ABU NAWAS